Minggu, 31 Januari 2016

Contoh Aset Pariwisata

Contoh Aset Pariwisata

Kali ini saya akan membahas beberapa aset pariwisata yang penah saya kunjungi untuk berlibur dengan sejuta keindahan dan pesona alam yang beebeda satu sama lain.
So let's check this out !


 Kawah Putih
(Sumber: Silha,2013)  

Kawah putih adalah sebuah tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di kawasan Ciwidey. Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air air yang berada di kawah ini bewarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna.


Tanah Lot, Bali
(Sumber: Silha,2014)

Tanah Lot adalah sebuah objek wisata di Bali, Indonesia. Disini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di aempatas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing. Putra Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam.



Gili Trawangan
(Sumber: Silha,2014) 

Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang tyerdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya  gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. Di antara ketiga gili tersebut, Tw=rawangan memiliki fasilitas wisata yang paling beragam. Bagian paling padat penduduk adalah sebelah timur pulau ini.


Senggigi
(Sumber: Silha,2014) 

Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pantai senggigi memang tidak sebesar Patai Kuta di Bali tetapi ketika berada di tempat ini kita akan merasakan nuansa seperti di Pantai Kuta, Bali. Memasuki area Pantai Senggigi, wisatawan disambut oleh angin semilir yang menenangkan. Pesisir pantainya masih asri, walaupun masih ada sampah dedaunan yang masih berserakan karena jarang dibersihkan. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan selam permukaan (snorkling) karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karang menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah. tersedia juga hotel-hotel dengan harga yang bervariasi.



Padangbai
(Sumber: Silha,2014) 

Padangbai adalah sebuah desa di kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, sisi timur Pulau Bali, Indonesia. Kota ini menjadi pelabuhan feri untuk pelayaran ke Pulau Lombok, Nusa Penida, Kepulauan Gili dan pulau-pulau lainnya di Nusa Tenggara Barat. Selain itu, kota ini juga menawarkan wisatawan dengan kehidupan kota pantaii kecil yang indah dan tenang berupa teluk di mana di sebelah timurnya terdapat sebuah tanjung yang dinamkakan tanjung sari.



Gunung Pancar
(Sumber: Silha,2014)

Gunung Pancar adalah sebuah gunung yang memiliki ketinggian kurang lebih 800 meter diatas permukaan laut yang terletak di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Udara sejuk dan pemandangan yang asri begitu kental terasa. Suhu udara di kawasan wisata Gunung Pancar ini berkisar 24 derajat Celcius sampai 33 derajat Celcius. Di tempat ini, tersedia juga pemandian air panas, makam keramat, dan pergelaran kesenian tradisional daerah.




Pantai Pok Tunggal, Yogyakarta
(Sumber: Silha,2015)

Pantai Pok Tunggal masih berada di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Tepatnya berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya berada di antara Pantai Pulang Syawal (lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti) dan Pantai Siung. Pantai Pok Tunggal memiliki panorama yang indah dengan hamparan pasir putih serta perbukitan karst. Pada sisi timur dan barat pantai ini diapit oleh tebing-tebing karang yang menjulang. Pantai Pok Tunggal sendiri tergolong pantai baru. Pantai ini mulai diakses untuk wisatawan sejak bulan Mei 2012. Oleh karena itu kebersihan pantai ini masih sangat dijaga. Bahkan untuk menjaga kebersihan pantai ini akan dikenakan denda sebesar Rp 10.000 jika Anda membuang sampah sembarangan. Nama Pok Tunggal sendiri diambil karena di lokasi pantai ini terdapat pohon langka dan masih kokoh berdiri yaitu Pohon Duras (Pok Tunggal).


Hutan Pinus Wanagama, Yogyakarta
(Sumber: Silha,2015)


Hutan pinus Wanagama memiliki satu pohon yang membuat tempat wisata ini mendunia. Tanaman itu adalah jati (Tectona grandis) yang ditanam Pangeran Charles saat berkunjung ke Wanagama pada tahun 1989. Konon terdapat hubungan unik antara pohon yang terkenal dengan sebutan Jati Londo ini dengan pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana. Saat bertinggi 1 m,
pohon ini mengering berbarengan dengan pengumuman perpisahan pasangan Kerajaan Inggris tersebut. Entah apakah si pohon jati ikut berduka atas perceraian penanamnya.


Taman buah mangunan, yogyakarta
(Sumber: Silha,2015)

Negeri Atas Awan Bantul hanya nama lain dari Kebun Buah Mangunan yang letaknya di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Belakangan ini, tempat  ini mulai ramai dikunjungi  oleh wisatawan, umumnya wisatawan lokal. Karena Kebun Buah Mangunan ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Suasana perbukitan, lembah sungai, kelok sungai dan kabut-kabut bak seperti hamparan kasur yang menggoda hasrat anda untuk tidur di atasnya. Karena kehadiran kabut-kabut inilah Kebun Buah Mangunan disebut sebagai Negeri Atas Awannya Bantul dan keberadaannya dinanti oleh para wisatawan yang rela berangkat pagi demi melihat, menikmati dan berfoto dengan latar pemandangan perbukitan mangunan beserta hamparan kabutnya. 


Bukit Bintang, Yogyakarta
(Sumber: Silha,2015)

Bukit Bintang merupakan sebuah obyek wisata yang terletak di perbukitan Pathuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Bukit ini terletak diketinggian sekitar 150 meter di atas kota Yogyakarta, sehingga tak heran bila udara di tempat ini cukup sejuk namun juga dingin. Bukit ini semakin ramai oleh pengunjung yang ingin melihat keindahan kota Yogyakarta di malam hari dari ketinggian.


Pantai Karangtawulan, Tasikmalaya
(Sumber: Silha,2014)

Pantai yang masuk objek wisata kabupaten Tasikmalaya ini memiliki pemandangan yang berbeda dengan pantai lainnya yang berada di sepanjang pesisir selatan. Keunggulan dari lokasi ini pengunjung bisa menikmati pemandangan laut dari atas bukit, dimana di tempat ini juga kita bisa melihat berbagai bentuk hamparan batu karang yang berada di sekitar pantai ini. Terdapat batu karang besar yang berbentuk bulat di tengah pantai menambah pemandangan dan memanjakan mata sepanjang berada dilokasi ini.



Kota Tua Jakarta
(Sumber: Silha,2014)

Kota Tua Jakarta, juga dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia), adalah sebuah wilayah kecil di Jakarta,Indonesia. Wilayah khusus ini memiliki luas 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat (Pinangsia,Taman Sari dan Roa Malaka). Dijuluki "Permata Asia" dan "Ratu dari Timur" pada abad ke-16 oleh pelayar Eropa.


Kampung naga, Tasikmalaya
(Sumber: Silha,2014)

Kampung Naga merupakan suatu perkampungan yang dihuni oleh sekelompok masyarakat yang sangat kuat dalam memegang adat istiadat peninggalan leluhurnya, dalam hal ini adalah adat Sunda. Seperti permukiman Badui, Kampung Naga menjadi objek kajian antropologi mengenai kehidupan masyarakat pedesaan Sunda pada masa peralihan dari pengaruh Hindu menuju pengaruh Islam di Jawa Barat.


Taman bunga nusantara, Bogor
(Sumber: Silha,2014)

Taman Bunga Nusantara adalah sebuah taman bunga seluas 23 hektare yang terletak dekat Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor dengan jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan dari Jakarta. Di taman ini disimpan berbagai tipe bunga dan tanaman, dalam hal ini terutama budi daya anggrek. Diperkirakan ada sekitar 2000 jenis anggrek yang dirawat di tempat ini. Di tempat ini terdapat juga fasilitas hiburan untuk anak-anak berupa mini car, restaurant dan juga permainan ketangkasan. Taman Bunga Nusantara diresmikan oleh Tien Soeharto pada 10 September 1995.



Taman buah mekarsari, Bogor
(Sumber: Silha,2013)

Taman Buah Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar didunia, khususnya jenis buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari seluruh Indonesia, sekaligus merupakan tempat penelitian budidaya (agronomi), pemuliaan(breeding) dan perbanyakan bibit unggul untuk kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar